Kehabisan Dana Kampanye, Anies-Sandiaga Minta Bantuan ke Relawan



Calon Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengakui kampanye putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta bakal terkendala terkait dengan anggaran dana. Sandi, berharap bisa menekan biaya dari bantuan relawan-relawan yang tersebar di wilayah Jakarta.

"Saya lagi menghitung pendanaan yang coba kita galang tapi akan menemui beberapa kendala, oleh karena itu saya memohon dukungan dari segi relawan untuk menjaga beberapa TPS yang kemarin sudah kita identifikasi perlu lebih dikawal," ujar Sandiaga di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Sabtu (11/3/2017).

Sandi melanjutkan, pengeluaran dana kampanye condong lebih besar untuk mobilisasi dan kebutuhan logistik. Ditambah dengan batasan penggunaan dana kampanye pada putaran kedua yang ditentukan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) tidak boleh lebih dari Rp35 miliar.

"Kalau relawan untuk mobilisasi dan logistik itu kita butuh pendanaan, KPU mengeluarkan peraturan tidak boleh dari Rp35 miliar, kita harus berhemat sehemat hematnya, kita mau dengan lebih banyak volunteers itu lebih banyak relawan yang turun kita bisa menekan cost," ungkapnya.

"Mardani sudah sampaikan ke saya, sekitar 20-30 persen lebih rendah dan itu saya bilang tolong ditekankan lagi," imbuhnya.


Sementara itu pria yang Bang Sandi ini akan mengupayakan penggalangan dana dari masyarakat, melalui one on one. Tak hanya itu, Sandi juga akan menutupi sisa kekurangan dengan danapribadinya untuk kampanye.

"Saya sudah komit seandainya ada kekurangan, saya yang akan menutupi dari dana pribadi saya. Makanya banyak pertemuan pertemuan internal itu saya mencoba meyakinkan pengusahapengusaha untuk ikut," katanya.

Pria yang akrab disapa Bang Sandi itu berharap nantinya biaya kampanye putaran kedua bisa dipangkas seefisien mungkin dengan mencari inovasi-inovasi baru.

"Mudah mudahan bisa ditekan biayanya, saya pikir ini tantangan buat kita lebih memastikan semua pihak berhemat, seefisien mungkin," pungkasnya. (Restu)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »