Video Viral! Anies Baswedan Tunjukan Kesalahan Fatal Jurnalis Metro TV Aviani Malik

Jurnalis Metro TV Aviani Malik mencecar pertanyaan terhadap Anies Baswedan terkait dugaan penyimpangan dana pameran di Frankfurt Bookfair 2015 sebesar 146 Miliar rupiah saat Anies Baswedan menjabat sebagai Mendikbud.


Mendapat pertanyaan dari Aviani, Anies nampak tenang menjawabnya. Anies menjelaskan bahwa event tersebut sudah diputuskan sejak menteri sebelumnya.

Tak puas dengan jawaban Anies, Aviani terus mencecar pertanyaan bahwa acara hanya berlangsung 3 hari dengan dana yang cukup tinggi.

“Untuk tiga hari itu dana yang fantastis, Tiga hari pameran bukunya. Saya bacanya seperti itu. Saya butuh penjelasan”  tanya Aviani terhadap Anies dengan intonasi penekanan.

Diluar dugaan, Anies kemudian menasihati Aviani bahwa apa yang dilakukan sangat fatal, karena sudah ikut-ikutan dengan framing berita yang dibuat oleh pelapor.

"Saya tidak perlu melakukan klarifikasi, biarlah yang melapor yang menjelaskan, karena yang melaporlah yang mengatakan ada korupsi. Karena seluruh laporan keuangan sudah diperiksa dan alhamdulillah tidak ada masalah. Lalu ketika masuk pilkada putaran 2, mendadak muncul" jelas Anies.

Anies kemudian menasihati jurnalis Metro TV tersebut agar objektif dalam melihat informasi secara lengkap baru kemudian ikut menggandakan, sehingga tidak ikut dalam framing tersebut.

Aviani tetap berdalih bahwa apa yang dilakukan adalah kegiatan jurnalis objektif dengan menanyakan langsung ke Anies. "Ini kegiatan jurnalis yang objektif menanyakan langsung kepada sumber yang disebutkan" ujar Aviani.

Lebih lanjut Anies kembali menegaskan jurnalis metro tv Aniani sudah ikut didalam framing yang sudah dibuat.

"Padahal anda bisa cek dulu sebelum bertanya. Disitulah letak kekuatan seorang jurnalis, anda bisa melihat informasinya apa saja yang sebenarnya terjadi. Dari situ kemudian disampaikan pertanyaanya" tegas Anies.


Berikut ini rekaman video saat jurnalis Metro TV Aviani Malik mencecar pertanyaan terhadap Anies Baswedan.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »